Menyambut Bulan Ramadhan 1441 H, Babinsa Geneng bersama Warga Bersihkan Makam

Baca Juga


Transblora.Co, BLORA,- Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menyambut Ramadhan tahun ini, Selain tradisi syukuran dengan makan kue apem, tradisi lain seperti ziarah kubur atau dalam Bahasa Jawa disebut Nyekar juga masih menjadi tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang berziarah atau 'nyekar' pihak TNI dari Koramil 02/Jepon Kodim 0721/ Blora menggelar karya bhakti dengan membersihkan makam. Kali ini yang menjadi sasaran adalah Makam Islam Geneng dengan menggandeng Warga dan karang taruna  desa Geneng.

Pembersihan makam dilakukan, Jumat ( 17/4/2020) pagi mulai pukul 08.00 h. Koptu Kartiko sebagai Babinsa Desa Geneng mengucapkan banyak terima kasih kepada warga dan pemuda karang taruna yang peduli dan masih memiliki rasa gotong royong yang kuat sehingga makam yang kurang terawat ini sekarang bersih dan nyaman.

Di sampaikan juga tujuannya adalah TNI ingin menjadi bagian dari masyarakat sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H,”ujar Koptu Kartiko.

Ia menjelaskan, pembersihan makam dilakukan H-13 jelang Ramadhan karena tradisi masyarakat berziarah kubur banyak dilakukan. "Dengan pembersihan makam ini, kami ingin memudahkan masyarakat yang akan ziarah atau mencari makam keluarga," ucapnya.

Bersama warga setempat, pembersihan dilakukan dengan memotong rumput, membersihkan daun dan memangkas ranting pohon. Selain itu, warga dibantu TNI juga merapikan areal makam seperti menata kembali batu nisan yang roboh. 

Menurutnya, melalui karya bhakti itu juga menjadi bentuk komunikasi sosial Koramil Jepon bersama masyarakat. (Tim)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget