Blora Menuju Hijau

Baca Juga

BLORA
,transblora.co - Update persebaran dan perkembangan Viruc Corona untuk edisi 13 Juni 2020, kali ini disampaikan oleh Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, selaku sekretaris GTPP Covid-19, didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Plt. Sekretaris Satpol PP Blora.

Dalam penyampaiannya, Sekda bersyukur karena hingga kini sudah hampir dua pekan tidak ada penambahan kasus Covid-19 yang baru. Sehingga saat ini fokus mengupayakan kesembuhan para pasien Covid-19 yang masih dirawat.

 

“Saat ini masih ada 22 yang dirawat, 5 sembuh, 3 meninggal, sehingga total masih 30 kasus Covid-19. Sedangkan rapid-test reaktif masih ada 109, banyak berkurang karena setelah diswab ternyata negative Covid-19. Kemudian PDP masih ada 3, ODP 35, dan OTG 123 orang,” ucap Sekda.

 

Sekda pun meminta agar masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar persebarannya terus ditekan. Hal ini terbukti selama hampir 2 pekan belum ada penambahan kasus.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada para medis yang sudah banyak bergerak dan banyak berperan dalam penanggulangan  Covid-19 ini. Pasalnya hingga kini hanya ada 2 kluster penyebaran di Blora, semoga semuanya segera sembuh sehingga kasusnya bisa segera selesai,” tambah Sekda.

 

Pihaknya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran TNI, Polri, dan relawan lainnya yang terus melaksanakan edukasi kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Termasuk pada donatur hingga tingkat desa.

 

Hal senada juga disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, yang menyatakan bahwa hingga kini jumlah kasus di Blora selama dua pekan terakhir masih tetap atau stagnan.

“Mari kita pertahankan dan kita selesaikan ini, agar Blora bisa kembali menjadi zona hijau. Saat ini Blora secara nasional masih kuning karena dinilai berhasil mengendalikan penularan sehingga tidak ada kasus baru. Sedangkan setelah dievaluasi di Provinsi, kini Blora sedikit lagi menuju hijau,” ucap Lilik Hernanto, SKM, M.Kes.

 

Kondisi ini menurutnya perlu disyukuri dan Blora bisa menyiapkan tatanan normal baru.

“Persiapan normal baru bukan berarti virusnya sudah tidak ada. Namun tetap waspada. Hampir 14 hari ini tidak ada penambahan kasus, tetapi kita tidak bisa memastikan virus ini sampai kapan ada di sekitar kita. Kita harus terus memutus transmisi virus dengan terus memantau para pendatang. Begitu juga OTG, ODP, PDP terus kita pantau agar bisa dikendalikan,” terang Lilik Hernanto, SKM, M.Kes.

 

Pihaknya menegaskan bahwa normal baru harus ketat melaksanakan protokol kesehatan. Karena menurutnya Blora saat ini juga masih rentan, sehingga jangan sampai ada ledakan kasus baru ketika new normal.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Satpol PP, Djumadi, S.Sos menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan patroli pengawasan kegiatan masyarakat di tempat umum. Karena masih banyak dijumpai orang nongkrong berkerumun di fasilitas umum tanpa memakai masker, seperti di Alun-alun, Jl.Pemuda, Kridosono dan lainnya.

“Kami mohon protokol kesehatannya ditaati,” tegas Djumadi.

Selanjutnya kepada seluruh pengusaha Kafe Karaoke diminta agar tutup sementara selama pandemic Covid-19 ini.

 

“Kita jumpai beberapa kafe masih buka, justru kesannya kucing-kucingan dengan petugas. Kami mohon kesadarannya untuk menutup kafe karaokenya dulu karena rawan menjadi lokasi penularan Covid-19,” pungkasnya.

13.6.20
Label:

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget