Perkembangan Covid-19 di Blora masih staknan

Baca Juga

Babhinsa
BLORA
, transblora.co - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora kembali menyampaikan kondisi terkini perkembangan persebaran virus Corona per 14 Juni 2020. Hal ini disampaikan oleh Dandim 0721/Blora selaku Wakil Ketua GTPP Covid-19 yang diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0721/Blora, Kapten Inf. Andi Mulkan.

 

Dengan didampingi Kepala Dinsos P3A, dan Kasi Penunjang Medis RSUD dr. R. Soeprapto Cepu, Kapten Inf. Andi Mulkan mengatakan bahwa hingga siang hari ini, perkembangan terbaru pandemic Covid-19 di Blora untuk OTG ada 124 orang, OPD 35 orang, PDP ada 4 orang, serta rapid-test reaktif 112 orang.

 

“Sedangkan untuk kasus positif Covid-19 masih sama sejak dua pekan lalu, tidak ada penambahan yang artinya Blora sudah landai. Yakni total 30 kasus, rinciannya 5 sembuh, 3 meninggal dan 22 masih dirawat,” ucap Kapten Inf. Andi Mulkan.

 

Menurutnya bukan berarti pandemic Covid-19 mulai reda, namun tetap waspada terlebih dengan mulai diberlakukannya kebijakan normal baru dari Pemerintah.

 

“Sesuai indikator dari Kemendagri, saat ini Blora masih zona kuning. Masjid dan tempat ibadah lainnya sudah bisa dibuka dengan protokol kesehatan, begitu juga untuk pasar, swalayan, dan sarana olahraga. Termasuk rencananya 16 Juni nanti Pasar Hewan (Pasar Pon) mulai dibuka kembali dengan mengikuti protokol kesehatan,” terang Kapten Inf. Andi Mulkan.

 

“Kita berharap semoga Covid-19 ini bisa segera hilang agar kita semua bisa kembali beraktifitas seperti semula. Kami minta agar masyarakat terus aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan patuh melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos P3A Kabupaten Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si menyampaikan upaya penanggulangan dampak ekonomi pandemic Covid-19 melalui program jaring pengaman sosial (JPS) atau bantuan sosial.

 

“Perlu kami sampaikan bahwa bantuan dari pusat adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI yang penyaluran tahap I melalui Kantor Pos sudah selesai dilakukan, dan saat ini sedang disalurkan BST tahap II dengan total sasaran 9233 KPM. Diharapkan minggu ketiga Juni bisa selesai,” ungkap Dra. Indah Purwaningsih, M.Si.

 

Selanjutnya ada Bansos Sembako Perluasan melalui BRI dengan total sasaran 33.057 KPM, yang saat ini sedang dilakukan pembagian Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS). Dimana KKS yang dibagikan ini sebagian besar sudah di top-up dengan saldo Rp 400 ribu.

“Maka jika e-Warong dari BRI yangs udah ditunjuak sudah siap dengan sembako yang ada, maka KPM sudah bisa melakukan transaksi,” sambung Drs. Indah Purwaningsih, M.Si.

 

Yang kedua menurutnya adalah bantuan JPS dari Pemprov Jawa Tengah. Dimana tahap I sudah dilakukan mulai 10 Juni 2020 dengan sasaran tahap pertama ada 6.266 KPM dalam bentuk sembako senilai Rp 200 ribu, jangka waktu 3 bulan melalui Kantor Pos.

“Kemudian Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemkab Blora, yang penyaluran JPS bansosnya untuk tahap I sudah dilakukan kepada 15.767 KPM. Selanjutnya JPS Kabupaten Blora yang diperuntukkan kepada perantau berdasarkan data dari Komunitas Perantau Blora (Kopra) rencananya akan disalurkan mulai minggu depan melalui Kantor Pos kepada 755 perantau,” terang Dra. Indah Purwaningsih, M.Si

 

Terakhir, Kasi Penunjang Medis RSUD dr. R. Soeprapto Cepu, Sutejo Haryanto, S.Kep, Ners, menambahkan bahwa di rumah sakitnya sejak bulan Maret hingga saat ini, untuk Maret-April merawat 24 orang, Mei ada 16 orang, Juni ini ada 10 orang.

“Adapun saat ini yang masih dirawat di ruang isolasi Flamboyan ada 3, dengan kondisi 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dan dua lainnya adalah PDP,” ucapnya.

 

Menurutnya, RSUD dr. R. Soeprapto Cepu juga telah menyiapkan ruangan khusus untuk melakukan penanganan pada pasien PDP atau Covid-19, yakni menyediakan ruang isolasi untuk tindakan operasi. Begitu juga ruang isolasi untuk persalinan ibu hamil yang rapid test nya reaktif. Sekaligus menyiapkan kamar bayi khusus yang dilahirkan oleh ibu hamil yang berstatus PDP maupun reaktif rapid-test. Moe/Red

14.6.20
Label:

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget