Tradisi Sedekah Bumi Adalah Warisan Leluhur, Mari kita Jaga Dan Lestarikan Bersama, Ujar Serda Rustamaji

Baca Juga



Blora, Transblora.Co – Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak famili mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Seperti yang dilaksanakan di gunung Purwo Suci dukuh Kediding desa Ngraho kecamatan Kedungtuban, Babinsa Koramil 08/Kedungtuban jajaran Kodim 0721/Blora, Serda Rustamaji menghadiri tasyakuran dan doa bersama warga Ngraho dalam rangka sedekah bumi, Jumat, (05/07/2020).

Acara yang dihadiri oleh Kades beserta perangkat desa, Toga dan Tomas tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rejeki yang diberikan kepada warga desa Ngraho.

Kepala Desa Ngraho menuturkan, bahwa doa bersama dan tasyakuran ini sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga sampai saat ini masih di berikan kesehatan, keselamatan, dan masih di berikan rejeki.

“Dengan doa bersama ini, selain sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, juga untuk mendoakan desa kita, agar selalu diberi keamanan dan ketrentaman”, ujarnya.

Sementara itu Babinsa Ngraho Serda Rustamaji menyampaikan bahwa acara sedekah bumi desa Ngraho ini sebagai ajang silaturahmi antar warga, sehingga kerukunan dan keguyuban warga dapat tetap terbina dan terjalin. “Ini salah satu sarana silaturahmi warga, dan juga untuk mempertahankan budaya warisan leluhur yang ada”, jelas Serda Rustamaji. (Tim)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget