Agus Sugiyanto, SE: Pengembangan UMKM Kedepan Harus Diiringi Dengan Inovasi

Baca Juga

Agus Sugiyanto, SE  || Foto Istimewa
USAHA Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kembali akan diuji ketangguhannya untuk bisa menopang percepatan pemulihan ekonomi Indonesia yang teruruk akibat Pandemi Covid-19. Kalau di masa krisis ekonomi 1998,  sektor ekonomi mikro terbukti tegar menghadapi badai krisis, dimasa pademik virus Corona  ini, UMKM kembali diandalkan untuk bisa membangkitkan ekonomi Indonesia.

Seperti yang diungkapkan staf Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu yang mengatakan bahwa dana pada pos pemulihan ekonomi sebesar 150 triliun rupiah akan difokuskan guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Febrio menjelaskan dana 150 triliun Rupiah itu merupakan bagian daritambahan belanja dalam APBN 2020 sebesar 405,1 triliun Rupiah yang digunakan untuk penanganan dampak covid-19.

Batik Blora menjadi salah satu produk 
unggulan UMKM Blora || Ft. Ist
Saat ini pemerintah sedang mematangkan skema yang ditempuh guna membuat dunia usaha, utamanya UMKM, mendapatkan stimulus untuk mempertahankan usahanya.

"Ini yang ingin kita lihat bagaimana 150 triliun rupiah ini bisa efektif untuk mengurangi beban mereka yang di sana. Jadi, fokusnya memang ke UMKM. Banyak tenaga kerja, utamanya sektor informal, bergantung pada sektor UMKM. Itu karena membantu UMKM dapat bertahan berarti juga membantu terjaganya pasar tenaga kerja dan daya beli masyarakat di tengah pandemi covid-19 “ jelas Fabrio dalam sebuah Webinar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dijadikankanya UMKM sebagai andalan penopang pemulihan ekonomi Indonesia, dimata Agus Sugiyanto, SE, sosok pengusaha muda dari Blora dikatakan sebagai angin segar untuk membangkitkan kembali sektor ekoonomi mikro yang sempat terpuruk selama terjadi pandemic Covid 19.

“Kesempatan ini tentu tidak boleh disia-siakan oleh para pelaku UMKM, harus direspon dengan semangat dan pola pikir baru untuk menjawab tantangan dalam pengembangan UMKM ke depan.” papar Agus yang diajak bincang-bincang wartawan terkait hari UMKM Nasional (12 Agustus 2020) kemarin.

Agus Sugiyanto, yang juga kandidat Balon Wakil Bupati Blora yang berpsangan dengan Hj. Umi Kulsum mengatakan,  UMKM baik saat pandemik covid 19 atau saat tidak, kiranya perlu dikembangkan mulai dari SDM sampai produk, marketing,link serta organisasi dan wadahnya.

Karena organisasi atau perkumpulannya itu sendiri harus aktif untuk anggotanya. Karena industri berbasis 4G, jika kita tidak mampu menaikkan grade kita maka hanya akan menghasilkan produk musiman.

“Semua itu tentunya dengan bantuan dari Pemerintah Kabupaten juga dan Pemerintah Pusat atau Provinsi disini melalui Kementerian. Baik itu lewat seminar dan pelatihan baik perorangan maupun kelompok kita bisa ajukan ke Balai Latihan Koperasi (Balatkop)” jelasnya.

Diungkapkan pengusaha kelahiran Blora 7 Oktober 1978 ini, UMKM adalah elemen penting dalam ekonomi mikro yang tentunya bisa menjadi industri kecil menengah bahkan bisa menyerap tenaga kerja yang cukup besar.

“UMKM menjadi tolok ukur berjalannya roda ekonomi mikro suatu daerah dan memang seharusnya pun masyarakat  dapat membeli dan berbangga dengan produk Daerah tersebut. Contohnya batik dengan ciri khas Blora yang bisa digunakan semua pegawai negeri ataupun swasta Blora, secara tidak langsung akan membuat  UMKM  batik Blora berkembang, sehingga tidak kalah dengan  batik dari daerah lain, seperti Lasem, Solo atau Yogya “ terang Agus.

Juga dengan produk makanan yang  menjadikan khas Blora seperti tempe keripik, masyarakat harus juga ikut mengenalkan produk produk Blora sebagai oleh oleh untuk kerabat yang jauh ada di luar Blora.

Menurut Agus, pengembangan UMKM kedepan harus diiringi dengan inovasi produk baik itu dari rasa, packaging dan marketing link. Harus bersinergi dengan semua elemen.

Misalnya Blora yang memiliki slogan dolanblora,  UMKM  dan pariwisata tidak bisa berjalan sendiri. Perlu sinergi karena bila ekonomi mikro berputar maka roda ekonomi makro akan berputar juga .

Ditambahkan yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM adalah meng-uprade SDM dan produknya. Disini Pemkab berperan penting untuk terlibat, misalnya ikut mengenalkan di setiap pameran- pameran baik di dalam maupun di luar daerah, serta  memperhatikan produk yang sudah mempunyai inovasi bagus baik sisi produknya itu sendiri maupun packagingnya.  

Karena dengan melakukan pembinaan intens terhadap produk UMKM, akan menjadikan UMKM bisa berkontribusi menyumbang PAD yang besar bagi Pemkab. Pelaku UMKM perlu ada pendampingan dan diberi berbagai kemudahan regulasi, seperti perizinan, akses dan juga permodalan.

“Perlu ditekankan berbicara tentang UMKM, bukan sebatas soal produk dan pemasaran, namaun sisi yang tidak kalah penting diperhatikan adalah inovasi dan kreatifitas  serta  membuat link, sehingga  market akan terlihat “jelas Agus Sugiyanto, SE. (Adv)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget