Sinergitas TNI Polri Dan Forkompinda Blora, Lakukan Penyemprotan Hama Di Desa Geneng

Baca Juga


Transblora.Com, Blora - Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, MM, bersama Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, SIK dan Bupati Blora yang diwakili oleh Kepala Inspektorat Bapak Kunto Aji Selasa (09/02/2021) melakukan penyemprotan hama di kawasan lahan pertanian di desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora.

Dengan bersegaram dinas lengkap tiga pilar Kabupaten Blora tersebut turun langsung ke sawah dengan mengenakan sepatu boot dan menggendong alat semprotan hama padi, dengan penuh semangat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas Polres Blora AKP Sudarto, Kasubbag Humas AKP H. Soeparlan,SH Kasat Intelkam AKP Mujiyono, serta Kepala Dinas Pertanian Blora dan Forkompincam Jepon.

Kepala Desa Geneng Jati,S.Sos mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga. Dimana kegiatan ini adalah inisiatif dari Kapolres Blora AKBP Wigara Dimas Tama,SIK. “Berawal dari diskusi kecil saat kunjungan ke kampung Siaga Candi di Desa Geneng, alhamdulilah gagasan penyemprotan hama didesa Geneng ini terlaksana hari ini. Dan kami mewakili warga desa Geneng mengucapkan terimakasih kepada seluruh stake holder yang mendukung kegiatan ini,” ucap Kepala Desa Geneng.

Sementara itu Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi mengungkapkan, tanaman padi merupakan komoditas utama di indonesia. Dalam perawatan tanaman padi, membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus. Terlebih ketika tanaman padi mulai diserang hama dan penyakit. “Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar,”ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, agar proses penyemprotan hama padi ini berjalan dengan cepat, dirinya memerintahkan para Babinsanya untuk membantu para petani melakukan penyemprotan. Teknik penyemprotan adalah salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi dimasa pandemi covid.

“Penyemprotan sekilas tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi karena bahan-bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan,”ungkap Dandim.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK membeberkan bahwa Polres Blora akan terus mendukung dan tentunya mendampingi program program ataupun kegiatan masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Dan salah satu tujuan penyemprotan hama ini adalah untuk mewujudkan panen yang bagus, sehingga dengan hasil panen yang melimpah maka akan terwujud ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19. “Polres Blora akan terus bersinergi dengan semua elemen masyarakat yang ada, terutama dalam kegiatan pemulihan ekonomi ditengah pandemi, dan dengan penyemprotan hama ini, diharapkan panen petani bisa berhasil sehingga tercipta ketahanan pangan, terutama di desa Geneng ini,” beber Kapolres Blora.

Meskipun cuaca gerimis dan dalam beceknya lahan padi, Pucuk Pimpinan TNI Polri dan Forkompinda Blora semangat terjun langsung melakukan penyemprotan. Selain itu juga telah disiapkan puluhan alat penyemprot yang dioperasikan oleh petani setempat untuk bersama sama menyemprot hama padi.

Untuk diketahui desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora itu sendiri adalah salah satu Kampung Siaga Candi binaan Polres Blora. Yang telah dibina sedemikian rupa untuk menghadapi segala macam dampak pandemi Covid-19. (*)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget