Antisipasi Terjadinya Bencana Alam, Forkompincam Kradenan Lakukan Penghijauan

Baca Juga



BLORA, Transblora.Co - Sinergitas Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Kradenan dan masyarakat Desa Menden melakukan upaya penghijauan di lingkungan sekitar Situs Gua Sentono  Desa Menden, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Sabtu (11/01/2020)

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dalam mengantisipasi kegersangan di musim kemarau, tahap awal dimusim penghujan seperti ini paling tepat yaitu melakukan upaya bersama pemerintah dan Desa beserta Forkompincam.

Camat Kradenan Sutarso menyampaikan, pohon yang ditanam sebanyak 600 pohon, diantaranya pohon trembesi dan tanjung karena daunnya lebat dan rindang.

“Tujuan penghijaun ini agar dimusim kemarau mendatang warga yang berkunjung liburan ke Situs Gua Sentono ini tidak merasakan panas dan akses jalan terlihat dikiri dan kanan ada tumbuhan yang hijau, tidak gersang kelihatan asri,” katanya.

Sementara Danramil 10/Kradenan Kapten Inf Agus Supriyanto, SIP beserta anggotanya. Ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh sesuai dengan petunjuk komandan Kodim, bahwa pihaknya mengajak masyarakat Menden dan sekitarnya, untuk ikut menjaga kelestarian alam dengan melaksanakan penanaman pohon di tempat- tempat yang lahan kosong agar kedepannya tidak seperti yang dirasakan saat ini.

“Banyak terjadi bencana alam diluar Kecamatan Kradenan seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor termasuk kesulitan air dimusim kemarau panjang, itulah salah satu dampak terkikisnya hutan saat ini,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, Forkopimcam Kecamatan Kradenan sepakat melaksanakan penghijauaan kembali lahan- lahan yang kosong untuk ditanami demi mencegah terjadinya banjir, angin puting beliung, tanah longsor kesulitan air.

“Kita juga mengajak anak-anak sekolah untuk ikut menjaga kelestarian alam supaya tercipta udara yang sejuk, sehingga dapat menciptakan generasi yang cerdas dan mencintai lingkungan,” ungkap Danramil.

Sementara Kapolsek Kradenan AKP Sugiyarto, mengatakan bahwa penanaman pohon ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam diluar Kecamatan Kradenan seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor termasuk kesulitan air.

“Makanya upaya ini harus dijalankan agar kedepan tidak ada erosi dan banjir,” katanya.

Dalam pelaksanaan penanaman pohon tersebut tampak hadir Forkompincam Kradenan, kepala Desa dan perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Persit KCK Ranting 11, ormas, dan Pelajar. (Tim)

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget