Gebrakan Bawaslu Kabupaten Blora

Baca Juga

Ketua Panwas Kecamatan Blora, Slameta memberikan Materi kepada Calon Saksi dan Calon legislatif yang hadir  (Foto: Muji Anggara)

Dalam Pemilu 2019 memang banyak yang baru dilakukan para penyelenggara pemilu, Bawaslu contohnya. Dalam pemilu 2019 ini ada kegiatan Bawaslu yang memberikan Bimbingan Teknis (bintek) atau lebih familiar disebut Pelatihan terhadap Saksi dari partai politik.

Gebrakan Bawaslu Kabupaten Blora

*Panwas Kecamatan Blora berikan Bintek Calon Saksi Partai Hanura

Mengenai Bintek semua partai Politik mendapatkan hak yang sama, hari ini, Sabtu, (6/4) Bawaslu kabupaten Blora melalui Panwas Kecamatan Blora mengadakan kegiatan Pelatihan terhadap calon Saksi dari Partai Hanura.

Bertempat di Pendopo Ketua  DPC Hanura Blora,  Edi Harsono Sekitar 30 orang peserta saksi dari partai Hanura mendapatkan pelatihan oleh Panwas Kecamatan Blora Sabtu (6/4).

Peserta Bintek Saksi Partai Hanura saat Menyanyikan
lagu Indonesia Raya (Foto: Muji Anggara)
Ketua Panwas Kecamatan Blora, Slameta  mengungkapkan, Pelatihan terhadap para saksi dari Partai politik tersebut diberikan bagi yang sudah mendaftar di Bawaslu Blora. Pelaksanaanya dilakukan sekitar 2 jam.

“Bagi saksi partai politik tidak ikut pelatihan, jangan salahkan panwaslu kecamatan pada saat pemilu dilaksanakan,” tegas Slameta

Dia juga menambahkan, Fungsi Saksi didalam TPS sama seperti Pengawas TPS (PTPS) yang membedakan ialah PTPS boleh mobile, mengawasi dengan cara melihat-lihat disekelilingnya namun saksi cukup mengawasi dngan duduk ditempat yang disediakan.

"Dalam pelatihan ini, kita berupaya memberikan pemahaman yang sama antara saksi, petugas KPPS dan Pengawas TPS. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan persepsi mengenai keabsahan proses penghitungan suara," jelasnya.

Dia juga menyebutkan, kegiatan Bawaslu memberikan pelatihan bagi para saksi didasari ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Seusai UU tersebut, Bawaslu mendapat tanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan kecakapan bagi saksi peserta pemilu.

Sementara itu Ketua  DPC Hanura Blora,  Edi Harsono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bawaslu yang telah memberikan anggaran dan meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan pelatihan kepada para saksi.

Dirinya juga berharap dengan adanya pelatihan yang diberikan dari Bawaslu ini para saksi nanti bisa bekerja dan mengawasi jalannya pemilu dengan baik.

“Kegiatan pelatihan ini selain kita menghadirkan para saksi kecamatan juga hadir pada caleg masing-masing dapil, semoga ini nanti para saksi bisa bekerja dan mengawasi jalannya pemilu dengan baik,” Tutup Edi (Moe)

6.4.19
Label:

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

{facebook#https://web.facebook.com/transblora.co/} {twitter#https://twitter.com/transblora} {google-plus#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCSl1zrsSFPYXFQoaDpC7xZw/featured?disable_polymer=1} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget